TERBONGKAR! FAKTA KEKURANGAN DAN KELEBIHAN CCTV ANALOG & DIGITAL IP CAMERA

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN CCTV ANALOG & DIGITAL IP CAMERA

Pertama dari perbedaan kamera CCTV analog ini adalah keseluruhan sistemnya menggunakan kabel pengantar yaitu kabel coaxial. Dari kebanyakan orang menggunakan kabel tipe RG-6 dan RG-59.   Kabel untuk system cctv menggunakan kabel pengantar yaitu kabel coaxial dan hamper kebanyakan orang itu menggunakan kabel yang tipe RG-6 dan RG-59.

Disini akan dijelaskan perbedaan dari kedua kabel tersebut. Jadi apa perbedaannya? Jelas dari segi kualitas RG-6 itu diatas tipe RG-59. Nah untuk tipe RG-6 ini dapat dibentangkan dari DVR ke kamera CCTV sejauh kurang lebih 300m. sementara itu untuk tipe RG-59 jauhnya kurang lebih 130m. Lebinya lagi kalau tipe RG-6 ini memiliki kualitas tembaga 90% jadi bisa juga sejauh kurang lebih 450m.

Untuk kamera CCTV yang analog, jika ingin di remote monitoring melalui internet/LAN hanya membutuhkan 1 saja alamat IP address untuk setiap DVRnya. Jadi DVR dengan 1, 4, 8, 16 dan 32 kamera CCTV tetap bisa menggunakan 1 IP Address saja.

Untuk IP kamera CCTV disini menggunakan kabel LAn yang seperti UTP/STP. Walaupun kabel LAN memiliki jangkauan yang terbatas, jadi system hantar sudah menggunakan IP Address di setiap kamera. Dan setelah itu kamera tersebut secara otomatis dapat dipasang dengan jarak yang tidak terhingga dari PC server yang merekam ataupun standakone NVR. Sebagai contoh sebuah jaringan bank di Kota Bandung itu menggunakan IP kamera disetiap cabangnya

Tetapi ketiap cabang itu akan terpasang kamera yang disambungkan menggunakan line.

 

Setelah melihat ambar diatas Kamu sedikinya bisa membedakan. Bahwa dari sisi teknologi IP kamera itu lebih bagus dari sisi pertakitan.

Kelebihan IP Kamera, Cloud Recording tidak hanya Remote monitoring

CCTV IP kamera itu pada awalnya berkembang untuk memonitoring personal aja dan jarang untuk merekam selama 24 jam. Kamera ini biasa digunakan di rumah atau beby monitoring camera dengan redolusi VGA dengan bentuk semacam kotak kubus. IP CAMERA model awal, berbentuk kubus, wireless, dan difungsikan sebagai alat monitor, jarang yang bisa merekam kejadian-kejadian. (KEKURANGAN DAN KELEBIHAN CCTV ANALOG & DIGITAL IP CAMERA)

Semakin majunya teknologi maka selamakin cepat pada internet. Jenis IP kamera CCTV ini semakin dibutuhkan hamper di seluruh dunia. Jadi kamera yang mempunyai resolusi tinggi dengan high definition itu 1, 2 dan 5 megapixel. Semakin tinggi resolusinya maka hasil gambar semakin rapat dan bagus nahkan ketika di zoom itu gambar tidak akan pecah. Kelebihan ini tidak ada di kamera CCTV analog.

Untuk kamera IP kamera ini sudah dijamin IT sekarang sudah semakin besar. Didukung dengan ahli yang membuat jaringan keamanan alarm, surveillance dan access control dan semua itu dapat diintegrasikan salam 1 software dan hardware.

Untuk saat ini IP kamera CCTV yang terbaik dan mempunyai kompresi video terkini adalah H.264 dan minimal sudah high definition 1 dan 2 megapixel dan onvif.

Pada saat ini feature lain saait ini yang berkembang di IP kamera adalah facial tecognition atau people counting dan vehicle counting. Dinamakan seperti itu karena kamera ini bisa mendeteksi wajak orang yag tercapture dan secara otomatis nanti kamera melakukan zoom digital 8x.bisa juga menghitung kendaraan ataupun banyak orang yang masuk di entrance/exit door sehingga bisa bermanfaat sebagai mesin absen. (KEKURANGAN DAN KELEBIHAN CCTV ANALOG & DIGITAL IP CAMERA)

CCTV ANALOG HANYA REMOTE MONITORING

Jika kamu pergi ke sebuah tempat/toko CCTV dan dari si penjual itu mengatakan bahwa kamera IP dan analog amempunyai hal yang sama dalam remote monitoringitu adalah perkataan yang sangat bohong!

Memang dari keduanya bisa melakukan remote monitoring di handphone. Tapi ada macam-macam  perbedaan yang mendasar, contohnya kamera analog bisa melakukan broadcast melalui internet dan ini merupakan kelebihan dari kamera analog, hanya membutuhkan 1 IP address dan 1-3 port untuk dibuka. Sementara IP kamera kareana memiliki resolusi yang besar maka dari itu tidak bisa dibuka melalui handphone. (KEKURANGAN DAN KELEBIHAN CCTV ANALOG & DIGITAL IP CAMERA)

Untuk setting remote monitoring IP kamera CCTV ini memang sangat rumit. Jika proses instalasi sudah memiliki IP kamera dalam jumlah yang besar maka disarankan untuk dipekerjakan oleh ahlinya IT networking sehingga masalah bisa diminimalisir.

Nah sementara kamera analog itu settingannya sangat gampang. Dan untuk pemeliharaannya juga tidak membutuhkan orang khusus yang ahli dibidangnya.

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *